Jumat, 12 September 2008

Sedikit lagi, Laskar Pelangi...

Semua penggemar novel Laskar Pelangi pasti sudah ga sabar menunggu tgl 25 September.

**

Setelah menanti cukup lama, akhirnya para penggemar novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata akan dapat melihat versi layar lebarnya di bioskop pada September mendatang. Sutradaranya, Riri Riza dan Miles Production memastikannya dihadapan wartawan, Senin (19/05).

"Saat ini penulisan skenario sudah mencapai draft ke-17. Kita masih terus memperbaiki, sampai merasa puas," kata produsernya, Mira Lesmana, di acara Press Briefing dan syukuran pra-syuting film Laskar Pelangi.

Bahkan, ia beserta Riri Riza, Salman Aristo (penulis skenario), dan Andrea Hirata telah enam kali bolak-balik Jakarta-Belitong sejak November lalu.

"Tadinya kita berpikir, apa iya kita harus ke Belitong atau cari tempat daerah lain yang menggambarkan Belitong. Tapi ternyata di sana kita mendapat semua," jelas istri Mathias Muchus ini.

"Daerahnya juga cukup accessible, dapat ditempuh dengan pesawat selama 50 menit dari Jakarta. Menuju Gantong (tempat syuting Laskar Pelangi, red) kita jalan darat lagi selama 1,5 jam dari ibukota," lanjutnya.

Proses survei lokasi juga berbarengan dengan pencarian pemeran 10 anggota Laskar Pelangi yang kesemuanya berasal dari Belitong, termasuk dua tokoh pelengkap lainnya, yaitu A Ling dan Flo. "Kita sudah mengkasting 1300 anak sejak 1,5 bulan yang lalu," tambah Riri.

Kedua belas anak tersebut kini tengah mendapatkan berbagai latihan, mulai dari akting, menyanyi, serta melewatkan waktu bersama. "Bahkan mereka sudah saling panggil dengan nama-nama tokoh di buku Laskar Pelangi, tidak dengan nama aslinya lagi," jelas sang sutradara.

Riri juga mengaku tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam mengarahkan mereka, meski bukan dari selebriti atau warga kelas menengah. "Mereka datang dari kalangan biasa, anak-anak kampung yang setelah film ini pun akan kembali ke kampungnya."

Sebaliknya, tukas Riri, yang sulit bukan mengarahkan tapi menemukan mereka. "Menemukan sorot mata cerdas di mata Lintang, menemukan bakat seni dalam tokoh Mahar, bahkan mencari tokoh Harun (yang cacat mental, red), kita lakukan kasting di sekolah luar biasa."

Tapi bukan berarti film ini tak ada bintang-bintang papan atasnya, sebab sejumlah nama seperti Slamet Rahardjo, Ikranegara, Jajang C. Noer, Cut Mini, Rieke Dyah Pitaloka, Mathias Muchus, Alex Komang, Lukman Sardi, Ario Bayu, Tora Sudiro, Robie Tumewu, serta Teuku Rifnu Wikana akan ikut ambil bagian.

Proses syuting rencananya berlangsung selama 40 hari di Belitong, yaitu mulai 25 Mei hingga Juli mendatang. Dan sehari sebelum syuting (24 Mei), Miles akan kembali mengadakan selamatan di pulau penghasil timah itu.

Andrea Hirata yang ikut hadir tampak tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya, "Luar biasa, amazing, beyond my exceptation. Orang-orang keriting memang luar biasa," candanya.

Ia sendiri mengaku telah membaca draft skenario Laskar Pelangi. Tapi bertolak belakang dari keinginan para penggemarnya, Andrea malah menginginkan Laskar Pelangi versi film berbeda dengan novelnya.

 

*artikel dari sini, gambar dari halohalo.com, 21cineplex.com dan bangkapos.com

13 komentar:

  1. Semogaaaa...Filmnya gak mengecewakan....

    Soalnya aktor yang maennya terlalu kecakepan, hehehe


    *Andrea Hirata jangan2 merefleksikan dirinya sendiri dengan tampang mirip Lukman Sarde lageeeh..haduh2 *

    BalasHapus
  2. Kita pasti akan nonton sama2 kan yah Ay ;)))

    BalasHapus
  3. tanggal 25 september...

    Kick Andy ngasih tiket gratisan untuk nonton Premiere film ini di Blitzmegaplex, Jakarta, tanggal 25 nanti

    Syaratnya, daftar dulu jadi member Kick Andy..Ikutin langkah selanjutnya

    BalasHapus
  4. kenapa pas puasaan ya

    dan pas jadwal mudik ku pulak ;(

    BalasHapus
  5. amin
    *berharap banyak niy gw*

    BalasHapus
  6. karena targetnya untuk tontonan libur puasa

    nonton di surabaya aja li....

    BalasHapus
  7. ayuuuuuuuuuu, nobaaaaaaaaaaaaaaarrr !!!!!!!!!!

    BalasHapus