AAC, kalo menurut gw niy...

Kemarin malam, gw dan temen-temen gw nongkrong bareng di Burger King sarinah.
Niatnya sih mo cari makan yang ga pakai ujan-ujanan (malam itu gerimis di sarinah).

Seperti biasa kalau kita udah ngumpul, segalaaaa macem di ceritain. Topik yang lumayan seru malam itu apalagi kalo bukan film yang lagi menuai komen didunia perfileman Indonesia.
 Ayat ayat cinta.
Kebetulan kita emang udah nunggu film ini sejak lama, niatnya mo nonton bareng... kenyataannya kita berempat nonton dengan "bala-nya" sendiri.


Walaupun sebegian besar komen yang terlontar adalah hinaan, tapi gw ga bergeming dari rate yang udah gw pilih waktu selesai nonton bareng film itu sama temen-temen gw.

 Tiga bintang!
sebagai orang awam yang tidak membaca buku kang abik gw akan bilang film ini lumayan menarik. Yang pasti bisa bikin gw, tina, tari, yelli dan nat yang nonton hari itu nangis di klimaks yang emang syedih pisan. Walaupun klimaks versi kita beda-beda kayanya. *melirik yelli yang nangisnya sambil malu2*

Menurut gw (lagi-lagi membayangkan belum baca novelnya) film ini lumayan seru, mengharukan, beda... jarang aja ada film Indonesia dengan setting seperti ini. Romantis pastinya dan aktor dan artis utamanya enak dilihat. Pokonya lumayan lah. Yang bikin sebel cuma casting pemainnya kaya ga serius. Pemeran "numpang lewatnya" banyak yang ga "akting". Dan pemeran pembantunya bikin penonton beberapa kali bersuara "aduh, kok dia" atau " lah, dia yang jadi..." tengok lah pemeran hakim, atau bahkan surya saputra yang menurut gw "ganggu", secara surya udah punya image sendiri eh... tau-tau nongol disitu jadi pamannya aisyah.

Kalo sebagai pembaca Novel gw kecewa. Kecewa cerita islaminya kayanya jadi nomor sekian, nomor satunya Drama...drama... drama. Pencemaran disana sini. Dari mulai jilbab nurul yang berantakan (masa anak pesantren ga bisa pake jilbab), malahan temen2 kampus "numpang lewatnya" lebih okeh jilbabnya. Trus adegan malam pertama yang ga sesuai sunah Rasul, menurut gw menghilangkan pesan dakwah kang abik. Yang paling parah pemotongan disana sini, kalau cuma pemotongan aja sih wajar karena kalau di ceritain semua bisa 3 hari 3 malam ga keluar bioskop  tapi yang bikin kuciwa, adegan yang gw anggap penting (ga tau menurut yang lain penting enggak) malah dipotong.

Dan yang bikin makin "lho kok??" adalah penambahan adegan ga penting, seperti kehidupan poligami mereka.

tapi bintang saya tetap 3, salut buat mas hanung yang mungkin pusying 7 keliling dalam pembuatan film ini.

 

Komentar

  1. emang daku nangisnya malu2 ya yu

    *ga nyadar :D

    BalasHapus
  2. aku pun menikmati filmnya :D walau agak seperti bollywood ;p
    *sambil rakusitis mams KFC nyam....*

    BalasHapus
  3. iya, nilai Islamnya menipis bgt di filmnya, hhhhh kuciwa....
    gw jg baru inget, kalo cerita si wartawan bule, Alicia yg naksir Fahri dan akhirnya kagum dengan Islam, ga di ceritain :|

    BalasHapus
  4. bintang dua yu akhirnya darikuw..... *sorry om hanung*
    novelnya terlalu indah utk dibandingin dgn pelemnyah....

    BalasHapus
  5. Emang siapa sih yang jadi pembantai nya? Kasian, ampe segitu di hujatnya ;P

    BalasHapus
  6. Uut, makan KFC kok ga bagi2 sih? Hihihihi

    BalasHapus
  7. yang pasti filmnya ga bisa bikin gw nangis seperti novelnya... :p

    BalasHapus
  8. isyu poligami jd benang merah nih film..mengaburkan isi novelnya
    bener tuuh yg jd hakim,pengacara,wartawan2 dipengadilan sgt mengganggu..gak pas banget!
    lebih2 waktu fahri bebas,saiful teriak2 hidup indonesia hidup..hehe
    kocak :p

    BalasHapus
  9. udah liat blognya Hanung di FS? dgn segala macam tantangan, dia akhirnya tetap keukeuh untuk ngelanjutin proyek ini, hanya krn ingat pesan ibunya "nak, kalau kamu sudah bisa buat film nanti, buatlah film tentang agama kamu" , gue salut ada film maker muda muslim spt dia..

    bbrp bagian perlu dihapus, krn ada konsultan di sini dari ketua muhamadiyah (?) supaya ngga terlalu kontroversi ini film propaganda islam atau usaha mengislamkan..
    bagian poligami mnrt gue pribadi, walopun pembuat film bukan feminist, tp gue suka cara dia melihat ttg isu poligami, biar cowok2 pada mikir, mereka bener2 milih poligami krn bener2 alasan mulia, atau krn hormon smata2 dan berlindung dibalik agama.
    bagusnya klo film ini dikirim ke festifal film internasional, spy dunia tau islam itu spt apa, islam indah kok..slama ini dunia luar cuma tau islam dari film2 iran, yg ngga menguntungkan buat image islam
    blog hanung bisa diliat di sini..


    http://dearestmask.blogs.friendster.com/my_blog/2007/11/kisah_di_balik_.html

    boleh numpang pendapat gw ttg film ini?
    http://oceanebleue.multiply.com/journal/item/25

    BalasHapus
  10. hai manis.
    Udah baca gimana perjuangan hidup mati mas hanung bikin pile mini? Baca deh blognya

    Gue penah ikut work shop bikin short film yg diadain CCF sama anak2 film maker Indonesia..
    Bikin film itu emang susah, ide brilian ada, idealisme juga ada di para film makers indonesia, Cuma sayangnya industri film di sini dikuasain hindie2..

    Gue pribadi salut bgt…dia udah hampir give up untuk ngelanjutin bikin film ini..mesti ngadapin masalah perijinan lah, casting yg sampe last minute belum ngena, akhirnya rianti yg tadinya jadi maria, di switch sama Carrisa Putri, baru deh masuk penjiwaan masing2..
    Yah drpd gue menuh2in blog orang, mending baca deh blognya mas hanung




    BalasHapus
  11. Maap2 jeng ayu, gw jadi cerewet di blog lo ini..)
    Guys, better baca dulu curahan hatinya Hanung dib log dia di FSnya..
    Pertama2 dia udah punya idealisme yg hebat untuk bikin novel ini jadi film, krn dia pikir ini bisa jadi salah 1 alat syiar islam dgn baik..dimana2 dgn seni islam bisa masuk ke jiwa/ hati org tanpa paksaan..coba aja gmn islam bisa masuk ke indo, pake wayang toh?

    Kata guru ngaji di kantor, chrisye dulu bisa masuk islam krn pas dia mau nyanyi lagi ciptaan taufik ismail yg judulnya ”ketika tangan dan kaki bicara”, dia selalu nangis setiap mau take rekaman..ternyata setelah diusut2 lagu itu dikarang diilhami surat di alquran (klo ga salah yasin)
    Akhirnya chrisye masuk islam deh.

    Buat org2 spt gue yg ga terlalu kenal islam (bokap bukan islam, sekolah dari SD-SMA Katolik Roma), dan anak2 muda indo, film ini bener2 efektif sbg alat yg sangat efektif ngenalin ini lho islam..

    Hanung udah sebel liat film2/ sinetron remaja yg ga jelas, apalagi film2 hantu..atau sinetron2 yg seolah2 berkaitan dgn islam macam ”hidayah” tp jauuuuh bgt ttg islam
    Dia nawarin project keorganisasi islam terbesar di indo, dgn itung2an, pddk indonesia 80 % muslim, klo 1 %nya aja nonton film dia, pasti bisa balik modal, tp ditolak, akhirnya MD yg yg mau jadi producer

    Ah maap2 gue kok yg jadi sensi gini ya, di Facebook di network perancis ada 1 org yg sering bikin diskusi yg mendeskritkan islam, gw emang belom make jilbab, tp gue yakin agama ini yg bener, setelah paham bgt alkitab dan perjanjian baru secara bertahun2 baca itu lebih sering di sekolah, tp gue semangat bgt berdebat sama si prancis ini
    Oops, skali lagi sori ya udah nyampah di sini maap2...hidup hanung ^_^



    BalasHapus
  12. oohh gitu ya...
    :)
    menurutku film ini tetap bagus.
    beberapa kekurangan terjadi karena bintang film nya tidak di pilih yang benar2 mewakili karakternya.. :)

    BalasHapus
  13. tiap orang berhak punya pendapat beda ya say....
    menikmati seni , salah satunya nonton film- itu kan bicara soal rasa.
    yg saya rasakan bisa berbeda sama yg dirimu rasakan
    jd ga bisa dipaksakan dong orang harus sependapat?

    peace!!

    BalasHapus
  14. make it simple, gw enjoy nonton filmnya :D
    the rest is up to u, different person different opinion it's a legal thing

    BalasHapus
  15. yep, je suis d'accord, gw jug aga maksaaan pendapat gue, cuma let u know gimana perjuangan sang sutradara sehingga kita akhirnya bisa nonton film ini dgn duduk manis di studio ...
    gue cuma pengen kasih tahu itu aja, gimana hanung mesti fight dan berantem sama producernya waktu Producernya pengen bikin film ini sbg film cinta remaja aja..
    Paling ga klo bukan kita org indo yg respect sama sutradara yg bener2 idealis dan hebat, gmn film indo mau maju
    Yeah peace assalamu’alaikum ^_^

    BalasHapus
  16. Donc, je suis d’accord, make it simple, si on –les indonesie- ne peut pas respecte les films d’Indonesie, bon…qui le respectera ?? gw Cuma kasian aja, si sutradara udah usaha dgn otak, air mata sgala macam..
    Peace yo ^_^
    Assalamu’alaikum



    BalasHapus
  17. G juga bintang dua, tapi g ga akan terlalu ngejudge lah, toh itu sudah jadi kepurusan Kang Abik saat mencual Novel Ayat Ayat Cinta ke MD...G harap Miles saat menggarapk Laskar Pelangi akan lebih cihuy yah...Amien

    Tapi biar bagaimana pun Novel akan sulit lah kalo dipindahkan kedalam film dengan terBatasnya durasi...tapi g setuju yg Ayu bilang kalo nilai islamnya malah jadi hambar...padahal lewat bukunya banyak sekali soal islam yang g dapet hehehe...secara agama cetek bgt neeh pengetahuannya :D

    BalasHapus
  18. ini pada ngmg apaan siiiy...
    *gubrakz ga ? :))

    BalasHapus
  19. parlez l'indonesie sil vous plait...
    *c'est fin*

    BalasHapus
  20. Gw ga tau kalo lu bisa bahasa prancis ut. Hehehe ^_^v

    BalasHapus
  21. Waduh, maap2 ya adik2 saya salah mampir sptnya
    Okelah yg tua ngalah, situ ngomong bhs inggris gue ngga protes toh spy ngomong bhs indo?
    Bener juga kata kk gue yg di prancis, di indo blog2 an gini Cuma buat temen2 deket doang, ada unsur eksklusivitas..klo di luar kenal ga kenal sama blogger, org bebas komen..
    Ok deh, gue cabut dulu ya adik2 manis….Face book perancis lebih asik diskusinya…no hurt feeling
    *mending asik2 dipangandaran*

    A dieu



    BalasHapus
  22. i think we all get the point, which is, hargain usaha si Hanung..

    kl buat gw yak! MP japan-indo jg lbh asik, jd gw bercokol di sini.
    no hert piling yak? -duh gmn sih bhs inglis nya? maklum gw indo asli :D

    BalasHapus
  23. Bubye akang oceanebleue, sampai ketemu di facebook perancis ^_^v

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

i could never be your woman

Biar jadi rahasia kita

Belajar lagi