Benteng Portugis - Tayu




Benteng Portugis (http://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Portugis), adalah sebuah benteng peninggalan sejarah yang terdapat di desa Ujung Watu yang berdekatan dengan desa Banyumanis, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Konon benteng tersebut diperkirakan dibangun Pemerintah Mataram pada tahun 1613-1645 sebagai pusat pertahanan untuk menghalau musuh yang datang dari Laut Jawa.

Saat ini Benteng Portugis merupakan salah satu tempat wisata unggulan di Kabupaten Jepara. Lokasi benteng tersebut juga berdekatan dengan Pulau Mandalika

-------------------------

Perjalanan Pati - Tayu lumayan lama... 1 1/2 jam kurang lebih, sampailah kami di benteng Portugis Tayu.

HTM: Rp 7500/ orang dewasa.

Letak Benteng ini diatas bukit, dengan pemandangan pantai dibawahnya. Biasanya kalau tidak musim lebaran, mobil boleh naik sampai atas. Tapi karena pengunjungnya sedang ramai jadi mobil hanya boleh sampai parkiran bawah. Lalu kita harus berjalan kaki ke atas sekitas 5 menit.
Objek bentengnya sendiri menurut gw pribadi agak mengecewakan. Secara ga ada bentuk benteng atau reruntuhannya seperti banyangan gw. Benar-benar ga ada bangunan asli yang tersisa.
Pugar abis!
Ga tau karena bentengnya sudah runtuh-tuh... jadi ga bisa di rekonstruksi atau memang bangunan baru dibuat supaya ada fungsinya aja. Sayang banget.
Gw dan sepupu-sepupu gw bertanya "mana bentengnya ya?"
Yang ada di atas bukit cuma taman bermain dan satu pendopo kecil yang dikelilingi pagar tinggi. Thats it!

Tapi dari atas kita bisa melihat hamparan laut di bawah yang Subhanallah indahnyo... ranca'bano!
Perjalanan menuju ke pantai agak membutuhkan tenaga. Ada 2 tangga menurun yang bisa dipilih, kanan dan kiri. saran gw pilih yang kiri dulu.
Anak tangganya banyak, lumayan bikin pegel. But once u get there.... kamu akan menemukan gugusan batu yang karena deburan ombak bertahun-tahun mengeras dan membentuk tekstur yang berlapis-lapis dan landai seperti pahatan kayu. Tapi itu asli batu loh!

*
sun block mode: on
sun glasses mode: better be on
payung / topi lebar could be usefull
Panas!!

Dari kejauhan tampak pulau di tengah laut. Pulau Mandalika (http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Mandalika)

Lalu kami berjalan ke arah kanan, disana ada pantai yang lebih landai dan tidak berbatu-batu.
Airnya jernih banget. Tapi pasirnya coklat kaya kopi.
Ketika gw kesana, kedua pantai itu dipisahkan tembok seng (ga banged deh!) Kalau mau ke pantai sebelah harus di cap tangannya (kaya mo masuk dufan aja).

Dipinggir pantai ada warung baso, es campur dan pop ice. Baso dan es campurnya gak oke, kalo pop ice kayanya rasanya dimana-mana sama :P

Untuk naik kembali ke atas dan menuju pintu keluar, gw sarankan gunakan tangga yang tadi ada di kanan.
Be carefull with your steps
Agak terjal.

Komentar

  1. mumpung lagi disana pip...skalian aja muter2 :)

    *emang mudik biasanya isinya apaan yah?

    BalasHapus
  2. duuh ngiri nih ma ayu mudik pluss...

    BalasHapus
  3. Ihk...jalan koq ga ngajak2 seh....

    BalasHapus
  4. hehe... pas gw mudik kan lo dah masuk kerja bo :P

    BalasHapus
  5. teriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikkk bgggtttttt !!!!
    abis dr situ masuk salon hrs tiap hr ;-)))))))))

    BalasHapus
  6. sunblock 2 senti, tin.... huah!

    *demi poto-poto* :P

    BalasHapus
  7. Ayu...puas bener yah...jalan-jalan melulu, pake alesan mudik lagi qeqeqeqeqe *syirik pgn jalan-jalan*

    BalasHapus
  8. pan kita bentar lagi mo ke cianjur wen...

    abis ituw ke malang...

    trus ke bromo...

    *kapan umrohnya yah?*

    BalasHapus
  9. ampyun d...jalan2 muluk...kuenceng bnr tabungannya <---sirik :p
    tp gpp ay, puas2in mumpung single, akuw dl begituh (tp foto2nya jaman blom pake jiblab jd ga di posting hiks), once merit tabungannya terkuras utk biaya nikah :D

    btw, ga usah jauh2 ibadah umroh, nikah jg ibadah ;)

    BalasHapus
  10. ntar umrohnya sama suami ajah ya? :)
    *amin*

    BalasHapus
  11. oleh2nya mana buat abangmu ini :)

    BalasHapus
  12. tante maen ael telus c...ntal kanyut lageeehhh heheheh

    BalasHapus
  13. tante kan manusia ikan.. :P

    BalasHapus
  14. bentengnyo ga bersisa, shin...

    BalasHapus
  15. ga pake wisata belanja, bang... jadi gitu deh :P

    BalasHapus
  16. benteng yang tak bersisa?

    iya, padahal kalo masih ada pasti keren banged

    BalasHapus
  17. masih ada penampakan......hihihihiihihihi.......

    BalasHapus
  18. setelah menahan diri, akhirnya muncul juga akuw :P

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada yang mo pasang kawat gigi?

i could never be your woman

Travel Lodge Kemuning Grove