Sabtu, 19 September 2009

cin(T)a

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Drama

Tuhan yang kami sebut dengan berbagai nama,


yang kami sembah dengan berbagai cara.


Terimakasih atas berkat yang Kau berikan,


 jauhkanlah kami dari percobaan.


Amin!



 


Udah nonton cin(T)a belum?


Menurut lo gimana filmnya?


 


Diluar dari kontroversi diluar menurut gw ini film lumayan. Ga basi kaya beberapa film Indonesia lain. Eits, gw gak anti film Indonesia loh. Selama itu bukan film horror, film jorok atau film yang dari judulnya aja udah ketawan gag mutu, gw ga keberatan nonton.


Nah dari segi cerita dan sinematografi menurut gw film ini lumayan. Gak basi. Ceritanyanya juga ngalir aja, endingnya gak gampang ketebak. Boleh lah….


 


Filmnya lucu, dialognya cerdas… tokoh si Cina-nya kocak dan baik banget. Kalo tokoh anisa…. Ya tipikal cewe2 cantik yang bibirnya selalu basah gitu deh *pa-an yah?*


 


Agak subjektif: gw suka muka2 cowok oriental gitu…. Lucu aja sipit2 gitu. *baiklah, ini komentar yg sangat tidak penting*


Kalo soal hubungan beda agama, gw termasuk yg anti. Tertulis jelas di holly Quran soal ini and I believe it (QS A1-Baqarah: 221, Al-Maidah: 5).


Males ah ngomongin kontroversi film ini, silahkan googling sendiri yah. Salah satunya disini: http://ppiuk.org/node/952


 


 


Little notes: gw nonton ini bareng best friend gw that happen to be tionghoan. Setelah nonton film ini kerasa ada yg ngeganjel gitu. Perasaan campur aduk. Gw suka karena dari sinematografi film yg katanya low budget ini berani dan mampu menghasilkan karya yg berkualitas dan bervisi walau indi-label, tapi kecewa dengan beberapa materi film yg digarap dengan kurang hati-hati. Pada akhirnya temen gw bilang… ah kita sih udah biasa gitu (toleransi beragama maksudnya). Saling menghormati agama masing-masing dan gak ikut mencampuri. Friendship is friendship, akidah is akidah, gak nyampur. Tapi kalau soal pernikahan, masing2 punya opini sendiri lah… *tjuuups*


Film indie ini dirilis (CMIIW) di London, 29 Mei 2009 dan cuma tayang di Blitz Megaplex.


 


Ngintip disini kalo mau tau ceritanya:


http://gun.web.id/2009/04/10/cinta-sebuah-film.html


Film cin(T)a adalah kisah cinta segitiga antara Cina, Annisa, dan Tuhan.


Cina (Sunny Soon), mahasiswa baru, 18 tahun, bercita-cita menguasai dunia dengan Tuhannya, di sisinya. Ia percaya bahwa ia dipilih Tuhan untuk menjadi gubernur Tapanuli, sebuah provinsi yang akan terbentuk di masa yang akan datang. Cina berjuang dengan iman yang kuat, namun naif, karena terus menemui kegagalan.


Annisa (Saira Jihan), mahasiswa senior, 24 tahun, yang mana akademisnya agak terhambat karena karirnya sebagai bintang baru di dunia perfilman. Ia putus asa membuktikan bahwa ia bukan perempuan yang hanya memiliki kecantikan dan tidak terlalu pintar. Ketenaran dan kecantikannya malah membuatnya kesepian di mana ia hanya percaya pada cinta dari keluarganya, keluarga Jawa dengan tradisi Islam yang kuat.


Tuhan, karakter yang paling tidak bisa ditebak. Karakter yang benar-benar berbeda dalam imaji tiap manusia. Semua orang mencoba mendeskripsikannya. Semua orang berpikir mereka mengenalnya. Setiap karya seni mencoba menggambarkannya. Namun tak ada yang benar-benar menyerupainya…


Cina mencintai keduanya, Tuhan dan Annisa.
Annisa mencintai keduanya, Tuhan dan Cina.
Tuhan mencintai keduanya, Cina dan Annisa.
Namun Annisa dan Cina tak bisa bersatu…
Karena mereka menyebut Tuhan dengan nama yang berbeda.



Skenario: Sally Anom Sari, Sammaria
Sutradara: Sammaria Simanjuntak
Produser: M. Adi Panuntun, M. Budi Sasono, Sammaria


Tidak ada komentar:

Posting Komentar