Boscha Trip




28 Juli'07

Lokasi: Perkebunan karet di daerah Subang, Vihara Vapissana - lembang, Boscha, Cihampelas..


BOSSCHA..
Observatorium Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Observatorium Bosscha berlokasi di Lembang, Jawa Barat.
Observatorium Bosscha (dahulu bernama Bosscha Sterrenwacht) dibangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) atau Perhimpunan Bintang Hindia Belanda. Pada rapat pertama NISV, diputuskan akan dibangun sebuah observatorium di Indonesia demi memajukan Ilmu Astronomi di Hindia Belanda. Dan di dalam rapat itulah, Karel Albert Rudolf Bosscha, seorang tuan tanah di perkebunan teh Malabar, bersedia menjadi penyandang dana utama dan berjanji akan memberikan bantuan pembelian teropong bintang. Sebagai penghargaan atas jasa K.A.R. Bosscha dalam pembangunan observatorium ini, maka nama Bosscha diabadikan sebagai nama observatorium ini.

Pembangunan observatorium ini sendiri menghabiskan waktu kurang lebih 5 tahun sejak tahun 1923 sampai dengan tahun 1928.

Publikasi internasional pertama Observatorium Bosscha dilakukan pada tahun 1933. Namun kemudian observasi terpaksa dihentikan dikarenakan sedang berkecamuknya Perang Dunia II. Setelah perang usai, dilakukan renovasi besar-besaran pada observatorium ini karena kerusakan akibat perang hingga akhirnya observatorium dapat beroperasi dengan normal kembali.

Kemudian pada tanggal 17 Oktober 1951, NISV menyerahkan observatorium ini kepada pemerintah RI. Setelah Institut Teknologi Bandung (ITB) berdiri pada tahun 1959, Observatorium Bosscha kemudian menjadi bagian dari ITB. Dan sejak saat itu, Bosscha difungsikan sebagai lembaga penelitian dan pendidikan formal Astronomi di Indonesia.

Komentar

  1. hihihihihi .... guru dan murid :-)

    BalasHapus
  2. ya ampyunnnnnnn.....pada ngapain sih? lucu ya....

    BalasHapus
  3. keciannnnn.....bunga sekecil itu dikerubutin manusia2 besar :-D

    BalasHapus
  4. wadoh mbakyu. demi meniup bunga bela2in tangannya berdarah2.

    BalasHapus
  5. foto2 yg terang itu yg iso nya masih 1600 nya yu??

    BalasHapus
  6. lucu niyy.. sayang ga ada DJ.. :p

    BalasHapus
  7. Hiks.. Iyah :"P
    harusnya gw minta tlg settingin dulu yah..

    BalasHapus
  8. Lagi membantai raya.. Kkkk...

    BalasHapus
  9. Gaya akrab versi billy :P

    BalasHapus
  10. "gpp kok, foto aja akuh.."
    *kata si bunga.... citra lestari.. (lho?) :P

    BalasHapus
  11. Yaaak betul! Kamu berhasil mendapatkan payung cantiq :P

    BalasHapus
  12. Whaa berdarah?
    *langsung keluarin kotak p3k

    BalasHapus
  13. Dj ikutan motoin siy.. Pingin liat hasilnya. Upload dong nang..

    BalasHapus
  14. *lagi sibukk.. ga sempet uplod poto*
    :p

    BalasHapus
  15. * SIBUK NYOLONGIN FOTO2 HOHOHOHO *

    BalasHapus
  16. jeng jeng...foto gw yang di lingkaran kyk gini ada di elo tak?

    BalasHapus
  17. yaolo neng.............tuh si pink berjaya lagi

    wahahahaha

    BalasHapus
  18. Ah biasa aja... Kkk.. Ga deng.. Seru bgd! :P

    BalasHapus
  19. *timpuk danang pake lakban :P

    BalasHapus
  20. Tadi mo gaya jadul, tapi kalo itu gak usah pake kostum juga jadi... Kkkkk..

    BalasHapus
  21. tangkap lakban dari ayu buat ngelakban dus foto2 narsis kkkkkkk

    BalasHapus
  22. Ga ada yg sndiri, adanya candid yg b2 raya. Di kamera danang kya-nya

    BalasHapus
  23. oooohhh begonooooo sip deh
    beneran niy cuma segini doang fotonya?
    * menatap tidak percaya *

    BalasHapus
  24. Akuuh di paksa ber pink ria.. :P

    BalasHapus
  25. Masiy bnyk siy, tapi malu ah.. Kkkkk

    BalasHapus
  26. Akyu kan pemalu.. Halah!
    Gw kirim japri d

    BalasHapus
  27. double-O ini apa, Yu?

    BalasHapus
  28. Pantesan senyumnya hanya 50% ya kayaknya udah laper banget abis jalan2 he he he he

    BalasHapus
  29. biar laper teteub semangat foto2 :P

    BalasHapus
  30. asiikk mau dikasih oleh2 ama ayu yuhuu :)

    BalasHapus
  31. hahaha.. iya tu si Iis..
    gue di jarak segitu cuma dapet bibirnya Iis doang :))

    BalasHapus
  32. Daniii....!!! foto2 lo liat dong.. :)

    BalasHapus
  33. foto2 apah? :P
    gue kan jarang moto manusia di sana..
    skalinya moto, pake kamera Iis banyak tuh :D
    apalagi yg elo lg tidur :P

    BalasHapus
  34. oleh2nya kok gak sampe sini ya? :D

    BalasHapus
  35. aku selalu suka deh liat foto jalan2nya jeng ayu. pake kamera apaan sih sampe hasilnya kinclong begitu?

    BalasHapus
  36. @ dani: masa siy? kayanya kamooh candid2 deh *ngarep bgt :P
    @ mas bagus: *langsung cek kurir yang kirim oleh2 ke sana :P
    @ teh dian: fotografernya jago2 teh, yang pasti bukan aku :P. yang angelnya keren itu ipe yang fotoin

    BalasHapus
  37. gubraaaaaaaaaaaaaakkk...pose nyaaaaaaaaaaaa...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ada yang mo pasang kawat gigi?

Sambara di Jakarta! :D

i could never be your woman